Tmakanan menaikkan trombositrombosit darah berfungsi untuk membentuk gumpalan bila diperlukan untuk mencegah pendarahan yang berlebihan . The Franklin Institute menyatakan bahwa ketika tubuh mengalami pendarahan , trombosit darah , bersama dengan vitamin K , mineral kalsium dan protein yang disebut fibrinogen menyebabkan pembekuan , yang dapat menyelamatkan hidup anda . Jika makanan Anda rendah kalsium atau vitamin K , trombosit dapat berkurang atau darah anda sulit membeku . Selain itu , makan makanan yang kaya nutrisi tertentu dapat membantu untuk menaikkan trombosit darah dan membantu tubuh untuk membeku lebih cepat.

Simak jenis makanan berikut yang sangat baik dikonsumsi sebagai salah satu cara menaikkan trombosit darah :

Kubis

Kubis adalah salah satu makanan terbaik untuk menaikkan trombosit darah . website World’s Healthiest Foods menyatakan bahwa vitamin K ditemukan dalam kubis membantu meningkatkan trombosit darah dan membantu trombosit untuk tidak menempel satu sama lain sehingga lebih efektif dalam pembekuan darah bila diperlukan. Vitamin K kadang-kadang bisa sulit dicapai melalui makanan , namun website World’s Healthiest Foods menyatakan bahwa ada sekitar 1062 mcg vitamin K dalam 1 cangkir kubis rebus , senilai 1.327 persen nilai harian vitamin K yang direkomendasikan untuk orang dewasa.

TIRAM

Dr Bill Sears , profesor di University of California di Irvine , menyatakan bahwa makanan yang mengandung mineral seng juga dapat meningkatkan jumlah trombosit darah dan sel-sel darah dalam tubuh . Zinc pada dasarnya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh , membuat sel-sel darah seperti trombosit berjuang lebih keras untuk melindungi tubuh . Dr Sears menyarankan bahwa orang dewasa mendapatkan 15 sampai 25mg seng setiap hari, sedangkan porsi kecil enam tiram memiliki sekitar 76mg seng .

SELADA

Beberapa orang mengira bahwa selada tidak mempunyai nilai gizi dan hanya sayuran lain yang memiliki vitamin dan mineral penting . Sebenarnya , banyak jenis selada yang memberikan manfaat gizi . Website World’s Healthiest Foods menyatakan bahwa selada kaya akan vitamin K , yang membantu trombosit darah meningkat baik dari segi jumlah maupun kekuatannya .

Bawang Putih

Bawang putih adalah makanan lain yang dapat meningkatkan trombosit dan sel darah lainnya . Dr Bill Sears menjelaskan bahwa bawang putih mengalikan jumlah sel-sel darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh . Bawang putih juga membuat trombosit agar tidak saling menempel dan menyumbat pembuluh darah , terutama untuk mengencerkan darah .  Manfaat bawang putih lebih efektif bila langsung dimakan .